NEW NORMAL, PELAKSANAAN SIDANG DI LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA BOLAANG UKI

NEW NORMAL, PELAKSANAAN SIDANG DI LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA BOLAANG UKI

 

Bolaang Uki, 09 September 2020. Pengadilan Agama Bolaang Uki menggelar Sidang di Luar Gedung dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pencari keadilan diera tatanan normal baru setelah ditunda akibat wabah Covid19.

 

 

Sidang di Luar Gedung perdana dalam suasana new normal ini dipimpin oleh Nadimin, S.Ag., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki. Didampingi Anggota Uten Tahir, S.H.I., M.H. selaku Wakil Ketua, dan Hakim Senior  Nanang Soleman, S.H.I. Ibu Riski Lutfia Fajrin, S.H.I. serta Maskuri, S.Ag., M.H. sebagai Panitera, Sabrun Djafar, S.Ag, Ridwan, S.H dan Suprianto Yusuf berdasarkan Surat Tugas Nomor W18-A8/362/Kp.01/9/2020 untuk melaksanakan Sidang di luar gedung di Balai Desa Salongo Barat Kecamatan Bolaang Uki.

Pelaksanaan Sidang di Luar Gedung kali ini ada 6 (enam) perkara yang ditangani yang seluruhnya perkara Permohonan. Para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Menurut para pihak yang berperkara pada sidang keliling, bahwa adanya sidang keliling ini sangat membantu, kini berperkara jadi lebih dekat. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan tidak terlalu banyak. (Bas)

 

 

 

 

 

 

 

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA BOLAANG UKI

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN

WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA BOLAANG UKI

 

 

Bolaang Uki, Kamis 27 Agustus 2020, bertempat di Aula DPRD Bolaang Mongondow Selatan Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Nadimin., S.Ag.M.H. mengambil Sumpah Jabatan dan Pelantikan Uten Tahir., S.HI.M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Acara dimulai pukul 09.30 Wita dihadiri antara lain Wakil Ketua PTA Manado (Sulawesi Utara) Dr. Drs. H. Mame Sadafal., S.H. M.H. Bupati Bolaang Mongondow Selatan yang diwakili oleh Sekda Bolaang mongondow Selatan Marzanzius A Ohy,S.Stp, serta unsur FORKOPIMDA Bolaang Mongondow Selatan.

Dalam sambutan acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Nadimin, S.Ag.M.H. menyampaiakan terima kasih kepada Sekwan yang telah memfasilitasi aula DPRD Bolaang Mongondow Selatan sebagai tempat pelaksanaan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki. Juga ucapan terimakasih kepada Bupati Bolaang Mongondow Selatan atas pemberian tambahan tanah Hibah seluas 1 (satu) Ha kepada Pengadilan Agama Bolaang Uki, serta menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas segala kekurangan dalam kegiatan ini.

Usai memberikan sambutan Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki menerima Naskah Perjanjian Hibah tanah secara simbolis yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

 

 

Sambutan Selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Manado Dr.Drs. H. Mame Sadafal, M.H.yang menyampaikan tentang Eksistensi Pengadilan Agama Bolaang Uki yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan bukan hanya di Kecamatan Bolaang Uki saja, sebagaimana ketentuan Pasal 18 UU No. 4 Tahun 2004 yang diubah dengan UU No. 48 tahun 2009 tentang pokok pokok kekuasaan kehakiman.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang menyampaikan permohonan maaf Bupati atas ketidakhadiran memenuhi undangan dalam acara tersebut karena bertepatan dengan kegiatan rakor bersama Kementerian Dalam Negeri secara daring/virtual yang waktunya bersamaan. Dalam sambutan tersebut Bupati menyampaikan ucapan selamat atas pengambilan sumpah dan pelantikan bapak Uten Tahir, S.HI., M.H., sebagai wakil Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki dan selamat bekerja dan melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Manado Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H. yang menyampaikan tentang Eksistensi Pengadilan Agama Bolaang Uki yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan bukan hanya di Kecamatan Bolaang Uki saja, sebagaimana ketentuan Pasal 18 UU No. 4 Tahun 2004 yang diubah dengan UU No. 48 tahun 2009 tentang pokok pokok kekuasaan kehakiman. Disamping itu beliau menyampaikan bahwa kewenangan Pengadilan Agama Bolaang Uki bukan hanya tentang perceraian karena perceraian hanya merupakan salah satu bagian dari 21 bidang perkawinan bahkan sejak adanya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 sebagai perubahan pertama atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, maka Pengadilan Agama berwenang menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan sengketa ekonomi syariah. Dalam hal sengketa ekonomi syariah pengajuan perkara tidak hanya untuk yang beragama Islam saja melainkan untuk non muslim bisa juga mengajukan perkara sengketa ekonomi syariah, misalnya seorang non muslim mengajukan pembiayaan ke bank syariah dan dikemudian hari terjadi sengketa antara nasabah dengan bank, maka sengketanya diselesaikan melalui Pengadilan Agama.

Selanjutnya acara pengambilan sumpah dan pelantikan wakil Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki diakhiri dengan foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang baru.

 

 

Temu Kangen Ketua PA. Bolaang Uki dengan Ketua DPRD Bolsel

Bolaang Uki, 28 Mei 2020, Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki, Nadimin, S.Ag.,M.H. didampingi Hakim dan Sekretaris Pengadilan Agama Bolaang Uki melakukan silaturahmi ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan bertempat di Ruang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolsel dan disambut langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii.  Dalam acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki menyampaikan permohonan kepada Ketua DPRD Bolsel. Tentang penambahan tanah hibah dari Pemda Bolsel  untuk Pembaungan Gedung dan Rumah Dinas Pengadilan Agama Bolaang Uki.

Sebenarnya Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Selatan telah menghibahkan tanah seluas 5000 M²  kepada Pengadilan Agama Bolaang Uki untuk pembangunan gedung tersebut, namun karena luas tersebut dirasa kurang untuk pembangunan Gedung dan Rumah dinas Pengadilan Agama Bolaang Uki maka kami harus meminta tambahan lagi sehingga luasnya menjadi 15.000 M² kata Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki  kepada Ketaua DPRD Bolsel,  kami juga mohon dibantu agar diberikan pinjaman Gedung  untuk Kantor baru karena kondisi Kantor Pengadilan Agama Bolaang Uki yang sekarang ini sangat kecil untuk melayani masyarakat pencari keadilan.

Halal Bi Halal Keluarga Besar PA. Bolaang Uki

 

 

 

 

Pengadilan Agama Bolaang Uki menggelar acara Halal Bi Halal di  Kantor yang diikuti oleh seluruh Pegawai dan keluarga, tepatnya  pada hari Kamis  tanggal 28 Mei 2020 Pukul 13.00 Wita  acara diawali dengan pembukaan oleh MC, Rahmi Aulia Lestari, S.HI. dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alqurán oleh Yusrin Buato

Dalam sambutan sekaligus uraian hikmah halal Bi Halal Nadimin, S.Ag.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki menyampaikan pesan kepada hadirin agar bersegera meohon ampun kepada Allah SWT dari segala kesalahan apapun yang pernah diperbuatnya sebagai bentuk pengabdiannya kepada Allah SWT dan juga segera meminta maaf kepada sesama manusia atas segala  kesalahan yang pernah dilakukannya baik disengaja ataupun tidak, agar menjadi orang-orang yang bertaqwa yang dijanjikan Allah SWT surga seluas langit dan bumi.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Hakim Dirangkaikan Dengan Pengambilan Sumpah PNS Pengadilan Agama Bolaang Uki

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Hakim Dirangkaikan Dengan Pengambilan Sumpah PNS Pengadilan Agama Bolaang Uki

Selasa 14 April 2020 bertemapt di Ruang Sidang Pengadilan Agama Bolaang Uki, diadakan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Hakim dirangkaikan dengan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Pengadilan Agama Bolaang Uki. Pengambilan sumpah dan pelantikan ini dipimpin oleh Ketua PA Bolaang Uki, Bpk. Nadimin, S.Ag.,M.H. Acara dimulai pukul 10.00 WITA dan dihadiri oleh Hakim, seluruh Pegawai serta Honorer PA Bolaang Uki.

Subcategories

Hubungi Kami

Alamat :

Jln.Veteran, Toluaya 95774

Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara

Email : 

pa.bolaanguki@gmail.com

Lokasi Kantor

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu kemarin
Bulan ini
Bulan kemarin
Keseluruhan
395
570
1209
96087
5472
12587
98792

Your IP: 3.226.241.176
2020-09-22 20:07

Pencarian