Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Sidang Keliling dan Prodeo Perdana PA Bolaang Uki

 

SOSIALISASI DAN KOORDINASI PELAKSANAAN SIDANG KELILING DAN PRODEO PERDANA PENGADILAN AGAMA BOLAANG UKI

Bolaang Uki – 30 Januari 2020. Panitera PA Bolaang Uki, Maskuri, S.Ag.,M.H. melakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Sidang Keliling dan Prodeo yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Milangodaa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Tomini, Abidin Patilima, ST., Kepala Desa Milangodaa Barat, Syafrudim Abas, seluruh tokoh masyarakat setempat dan juga para warga Desa Milangodaa Barat.

 

 

Dalam kesempatan tersebut Bpk. Maskuri menjelaskan tentang layanan sidang keliling dan perkara prodeo “Pengadilan Agama Bolaang Uki bertujuan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat pencari keadilan yang berada di wilayah terpencil atau jauh agar tetap bisa mendapatkan pelayanan hukum dan keadilan. Jadi nanti sidangnya diadakan di tempat atau fasilitas umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal jauh dari kantor pengadilan.” jelas Beliau. “Ada perkara prodeo murni yang sama sekali gratis dan ada juga perkara prodeo yang dibayar DIPA. Meskipun kuota perkara prodeo ini sangat terbatas, namun diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal. Pelayanan ini ditujukan kepada masyarakat yang tidak mampu secara finansial, sehingga dapat berperkara secara gratis atau cuma-cuma di Pengadilan Agama Bolaang Uki.” lanjutnya.

Antusiasme warga sangat terlihat ketika diadakan sesi tanya jawab, ternyata banyak warga yang sudah menunggu datangnya kemudahan dalam mengurus perkara karena keterbatasan biaya dan jarak yang cukup jauh dengan kantor pengadilan.

 

 

Panitera, Bpk.Maskuri juga berharap para Kepala Desa akan menyampaikan kepada warganya untuk mengikuti sidang keliling dan juga perkara prodeo ini, karena hal tersebut juga merupakan kewajiban bagi Kepala Desa untuk kesejahteraan warganya. (MF)


Print   Email